Breaking News
Loading...
Friday, 11 January 2013

Mulai Jumat (11/1), Parpol Boleh Berkampanye

Kampanye Partai Politik peserta pemilihan umum 2014
Komisi Pemilihan Umum bakal menetapkan nomor urut peserta pemilihan umum 2014 pada Senin pekan depan. Tetapi, menurut ketentuan undang-undang, mereka dibolehkan berkampanye mulai hari ini.

"Pengambilan nomor urut peserta pemilu 2014 akan dilakukan pada tanggal 14 Januari," kata Anggota Komisioner KPU Hadar Gumay, saat mensosialisasikan aturan kampanye di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (11/1).

Sementara itu, Hadar mengatakan penetapan daerah pemilihan dilakukan pada 9 Maret mendatang.

Menurut penjelasan Hadar, undang-undang sudah membolehkan para partai politik lolos verifikasi berkampanye mulai hari ini. Tetapi, dia mengatakan, bentuk metode kampanye boleh dilakukan adalah pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye pemilu, dan pemasangan alat peraga di tempat umum.

Hadar mengatakan, kampanye dalam bentuk pertemuan terbatas di dalam ruangan dan bersifat dialog. Peserta pun dibatasi. Di tingkat pusat maksimal seribu orang, tingkat provinsi 500 orang, tingkat kabupaten/kota maksimal 250 orang. Selain itu, mereka mesti melapor dan mengirim pemberitahuan tertulis kepada Polri, dengan tembusan KPU dan Badan Pengawas Pemilu.

Hadar menambahkan, mulai hari ini, sepuluh partai politik lolos verifikasi pun sudah boleh membagikan cinderamata dan bingkisan berisi pesan kampanye. Pemasangan alat peraga seperti baliho, spanduk, umbul-umbul dan lainnya sudah bisa dilakukan. Asalkan, sampai batas maksimal satu hari menjelang pemungutan suara alat peraga itu mesti dicabut.

Menurut Hadar, semua peraturan itu tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum DPR, DPD, dan DPRD.

Sumber : http://www.merdeka.com/politik/kpu-perbolehkan-10-parpol-berkampanye-mulai-hari-ini.html (diakses 11/01/2013, 14:49)


0 comments :

Post a Comment

Back To Top