Breaking News
Loading...
Wednesday, 16 January 2013

1,5 M, Anggaran Debat Kandidat Pilgub Jabar

Maskot Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013, PILGUB JABAR
Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 akan diwarnai acara debat para kandidat yang disiarkan televisi nasional. Rencananya, KPU Jabar akan menggelar tiga kali debat di tiga televisi nasional yang berbeda.

"Kita anggarkan Rp1,5 miliar untuk tiga kali debat Calon yang ditayangkan televisi nasional," kata Ketua Pokja Kampanye KPU Jawa Barat, Teten Setiawan, Sabtu (5/1/2013).

Teten menjelaskan, anggaran tersebut bukan untuk biaya siaran televisi, tapi untuk keperluan sarana prasarana debat seperti tempat dan konsumsi. Disebutkan, pihaknya sudah sepakat dengan MetroTV untuk menyiarkan debat secara gratis. Stasiun berita ini sudah siap menggelar debat pada 8 Februari 2013. “Dua televisi lainnya masih negosiasi," ujarnya.

KPU Jabar berusaha supaya dua televisi lainnya mau menayangkan debat secara gratis juga. Hal ini masih dalam penjajakan. Dua televisi yang dalam penjajakan tersebut adalah televisi swasta.

"Kita anggarkan uang sebesar itu tapi dengan televisi diusahakan gratis. Biaya misalnya untuk sewa tempat jika tempatnya di tempat umum. Tetapi kalau di studio televisi gratis," paparnya.

Menurutnya, Pilgub Jabar memiliki daya tarik bagi khalayak. Pasalnya, pilgub ini menjadi pesta demokrasi terbesar ketiga setelah Pemilihan Presiden dan Pemilihan legislatif. Sehingga televisi yang menyajikan tayangan debat Pilgub Jabar bisa dipastikan akan mendapat rating tinggi sehingga bisa mendongkrak iklan.

"Acara debat Pilgub Jabar akan menyedot perhatian masyarakat luas. Bayangkan, 32 juta pemilih di Jabar. Jumlah ini bisa sekelas Pilpres di negara lain," ujarnya.

Lanjutnya, mengetahui besarnya potensi daya tarik khalayak pada Pilgub Jabar tersebut memang banyak televisi yang tertarik. Sehingga jika tayangan debat digratiskan anggaran Rp1,5 miliar itu masih bisa dihemat untuk kembali ke kas KPU Jabar. “Bisa untuk kebutuhan lain,” tandasnya.

Teten menjelaskan, debat Pilgub Jabar 2013 dijadwalkan di sela-sela masa kampanye, yakni 7 hingga 20 Februari 2013. Format debat ada yang yang terbuka dan tertutup. Mengenai calon yang siap menyampaikan misi, visi, dan programnya ada lima, yakni Dikidik Muliana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib (nomor urut 1), Irianto MS. Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim (2), Dede Yusuf-Lex Laksamana (3), Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar (4), Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki (5).

Sumber : http://bandung.okezone.com/read/2013/01/05/526/741768/anggaran-debat-kandidat-pilgub-jabar-rp1-5-miliar (diakses 14/01/2013, 00:13)


0 comments :

Post a Comment

Back To Top