Breaking News
Loading...
Thursday, 13 December 2012

Inilah Bedanya Bos & Pemimpin

Seperti Apa Pemimpin itu?
Tahukah Anda bahwa pemimpin dengan bos itu sebenarnya berbeda? Seorang pemimpin yang bertugas selayaknya atasan di tempat kerja, mereka bisa memimpin partnernya. Sementara bos, belum tentu memiliki sifat kepemimpinan.

Atasan di kantor yang disegani oleh karyawannya, itu menandakan bahwa ia dihargai sebagai pemimpin. Apabila karyawannya merasa jengkel, itu pertanda bahwa si bos menyebalkan. Dikutip dari Boldsky, ada beberapa yang menandakan yang mana bos dan pemimpin. Yuk, simak di sini.

1. Mendorong Karyawannya
Seorang bos yang baik, dapat mendorong karyawannya untuk mencapai target mereka. Tapi hanya seorang pemimpin yang baik dapat menanamkan dorongan untuk bekerja keras kepada bawahannya.

2. Ditakuti atau Menjadi Inspirasi?
Saat karyawan merasa takut pada Anda, mereka akan melakukan apa pun untuk menyenangkan hati Anda. Namun apabila seorang bawahan kagum dengan Anda, itu menandakan bahwa Anda merupakan pemimpin yang bisa menginspirasikan mereka.

3. Tahu Melakukan Sesuatu atau Hanya Memerintah?
Seorang pemimpin berperan sebagai guru yang berprestasi dan bisa mengajarkan segala sesuatu kepada karyawannya. Ia juga akan memberikan contoh terlebih dahulu sebelum memerintah bawahannya. Namun jika tidak memiliki kualitas tersebut, maka Anda adalah bos yang hanya pandai memerintah, tanpa pernah memberi contoh yang baik.

4. Kata Apa yang Paling Sering Anda Ucap? "Saya" atau "Kami"?
Seorang pemimpin tidak pernah mengatakan "Saya", ia akan mengatakan "Kami". Pemimpin juga selalu mendahulukan kepentingan umum. Kebiasaan ini terjadi di alam bawah sadar seseorang. Kalau bos, ia selalu memerintah bawahannya dan tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan mereka.

5. Pekerja Dianggap Hanyalah Bawahan atau Aset yang Perlu Dikembangkan?
Aset yang paling penting dari sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia. Seorang pemimpin selalu berusaha untuk mengembangkan kualitas timnya, bukan membuangnya setelah sukses. Sementara bos, mereka hanya bisa memerintah bawahannya untuk menyelesaikan tugas mereka, tanpa membantu untuk meningkatkan kualitas mereka.

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/12/12/172841/2116844/1133/inilah-bedanya-pemimpin-dengan-bos?991104topnews (diakses 12/12/2012, 18:34)

0 comments :

Post a Comment

Back To Top