Breaking News
Loading...
Saturday, 1 December 2012

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sinkronisasi

Salam semua rekan2 ODP PPK Pilgub Jabar 2013.

berikut kita sharing, hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan sinkronisasi, bisa dikatakan langkah dibawah ini, untuk pengecekan akhir sebelum kita membuat sinkronisasi.

yang pertama:


Pemetaan Data Pemilih ke TPS

Di menu Penyusunan DPS -> Manajemen TPS,
pastikan semua data pemilih sudah dipetakan/ dimasukan ke TPS,  dengan memastikan angka 0 di Jumlah Pemilih yang Belum Terdaftar di TPS serta kolom Belum Masuk TPS, seperti gambar di bawah ini :


Manajemen TPS, Aplikasi SUNDAPIL, Penyusunan Daftar Pemilih, DPS, DPT

Jika belum 0, maka ada data pemilih yang belum dipetakan ke TPS, jadi sangat disayangkan, karena data pemilih di Sundapilnya ada, tapi belum masuk ke TPS, dampaknya nanti di model A1 alias Daftar Pemilih Sementara tidak akan tercantum nama tersebut, sebab model A1 (DPS) itu datanya berbasiskan TPS.

Tipsnya, jika belum 0, maka bisa dicek/ dicari data tersebut dengan melihat di kolom RW serta RT mana yang masih ada data pemilih yang belum masuk ke TPS

**

yang kedua:


Data Pemilih yang Dibawah Umur

Di menu Informasi -> Data Dibawah Umur,
cek di semua Kelurahan/ Desa dengan memilih Kelurahan/ Desa satu-satu kemudian klik tombol Lihat Data cek jika ada data pemilih yang dibawah umur, pastikan data pemilih tersebut benar-benar valid dan sesuai dengan fakta dilapangan, syarat sebagai pemilih yang belum berusia 17 tahun ketika hari H Pilgub Jabar 2013 (24 Februari 2013) adalah jika orang tersebut status perkawinannya sudah/ pernah menikah (S/P). jadi boleh jika ada data yang dibawah umur masih ada di Kelurahan/ Desa tertentu dengan syarat status kawin di datanya S (sudah kawin) atau P (pernah kawin).

Tapi cek kembali usia data tersebut, karena banyak kasus, meskipun status kawinnya S/ P tapi usianya kurang wajar/ masuk akal, lihat gambar dibawah, ada data pemilih yang sudah menikah tapi usianya baru 5 tahun.

Data Dibawah Umur, Aplikasi SUNDAPIL, Penyusunan Daftar Pemilih, DPS, DPT


Tipsnya, jika ada data yang 'janggal' seperti contoh diatas, cek kembali sesuai data yang ada di lapangan, biasanya ada kesalahan di status kawinnya, atau tahun lahirnya, atau bahkan data tersebut tidak ada di lapangan alias data fiktif.

**

yang ketiga:


Data Ganda

Di menu Informasi -> Data Ganda,
klik tombol Lihat Data, pastikan datanya kosong alias tidak ada sama sekali (tanpa pengecualian), hal ini berarti data ganda yang ada di database sebelumnya (data DP4) sudah diperbaiki dan dihapus.
lihat gambar:

Data Ganda, Aplikasi SUNDAPIL, Penyusunan Daftar Pemilih, DPS, DPT

Tipsnya, jika masih ada data gandanya, coba cek lagi di menu Penyusunan DPS -> Pemutakhiran Daftar Pemilih, pastikan data pemilih yang berwarna merah yang dicurigai gandanya sudah dihapus, dan jika memang ingin dikoreksi bukan data ganda, maka warna merah di data tersebut harus dihilangkan, caranya klik data ganda yang warna merah tersebut yang akan kita ubah ke bukan data ganda, kemudian klik tombol Ubah, kemudian pilih di alasan perbaikan : bukan data ganda, simpan di klik tombol Perbaiki Data pemilih.

**

yang keempat:


Rekap Per RT

Di menu Informasi -> Rekap Per RT,
cek di semua Kelurahan/ Desa dengan memilih Kelurahan/ Desa satu-satu kemudian klik tombol Lihat Data pastikan datanya sudah tervalidasi, dan cocok/ sesuai dengan data di lapangan.
lihat gambar, ada di RW 04 RT 10, hanya ada 1 data pemilih.
ini yang masih jadi 'kejanggalan' apakah data tersebut memang benar seperti itu (1 warga di satu RT)

Rekap per RT, Aplikasi SUNDAPIL, Penyusunan Daftar Pemilih, DPS, DPT


Tipsnya, jika masih ada data 'janggal' seperti diatas, maka cek lagi data RW dan RTnya sesuai dengan kondisi nyata yang di lapangan, karena kebanyakan kasus, banyak kesalahan di data DP4nya, misal di data tersebut ada RW 21, padahal kondisi nyata di lapangan tidak ada, maka 'sisir' kembali data tersebut, dan pastikan data RW serta RT valid dan sesuai dengan kondisi lapangan yang ada.
Untuk mengubah data RW/ RT, di menu Penyusunan DPS -> Pemutakhiran Daftar Pemilih silahkan klik data pemilih yang akan kita ubah RW/ RTnya kemudian klik tombol Ubah, kemudian koreksi/ perbaiki data RW/ RTnya, kemudian simpan di klik tombol Perbaiki Data pemilih.

**

yang kelima:


Data Master Petugas


Di menu Fasilitas -> Data Master Petugas,
Pastikan data seluruh Anggota PPK serta PPS yang ada di kecamatan tersebut sudah diinputkan semua.

lihat gambar :

Data Master Petugas, Aplikasi SUNDAPIL, Penyusunan Daftar Pemilih, DPS, DPT


Paling utama yang harus diinputkan adalah data anggota PPS, karena nanti di Model A1 (DPS) ketika export ke excel/ PDF akan langsung otomatis tercantum nama seluruh anggota PPS Kelurahan/ Desa tersebut di akhir halaman sebagai pengesahan oleh PPS.

Tipsnya, jika belum diinputkan silahkan klik tombol Tambah Petugas, jika ingin mengoreksi data yang ada, klik tombol Edit Petugas, dan jika ingin menghapus, klik Hapus Petugas.



2 comments :

  1. ass...punten kang, hasil cetak DPS nami-nami ketua/anggota PPS mung kabaca sapotong, sareng upami nyantumkeun titi mangsana kedah manual tulis tangan sanes? Haturnuhun. (PPK Sukaluyu Cianjur)

    ReplyDelete
  2. wassalam,

    muhun kang, upami namina panjang mah kapotong di hasil PDFna, masalah eta ku abdi entos disaukeun ka Tim Sundapil na..

    muhun,tanggal penetapan mah manual di tulis tangan

    ReplyDelete

Back To Top