Breaking News
Loading...
Tuesday, 27 November 2012

KPU Segera Tetapkan PKPU Sebelum Kampanye Parpol

Pemilu 2014, Partai Politik
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera menetapkan sembilan Peraturan KPU (PKPU) sebelum memasuki masa kampanye partai politik yang akan dilakukan pada Januari tahun mendatang. Sebelum menetapkan, KPU akan menjadwalkan konsultasi PKPU ke pemerintah dan DPR RI.

"Ada beberapa yang sudah beres (peraturan,red.). Seperti pembahasan mengenai peraturan pemuktahiran daftar pemilih untuk dalam negeri dan luar negeri, pedoman informasi publik, kampanye dan daerah pemilihan. Serta peraturan seleksi anggota KPU kab./kota hingga provinsi," ucap Anggota KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah,di Jakarta Minggu (25/11).

Ferry mengatakan, sembilan PKPU itu akan dijadwalkan untuk diplenokan pada awal Desember. Namun, sebelumnya akan dikonsultasikan kepada DPR dan pemerintah.

"Setelah diplenokan kita akan segera lakukan sosialisasi karena Januari sudah memasuki masa kampanye. Akhir Desember pun harus sudah ada pemuktakhiran daftar pemilih tetap," ucapnya.

Terkait PKPU soal rekrutmen anggota KPU Kab./Kota, kata dia, sudah muncul poin-poin strategis sebagai tahap untuk melakukan seleksi. "Kita akan melakukan seleksi ketat agar muncul orang-orang yang berkomitmen dan berintegritas," tuturnya.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan, berdasarkan pengalaman pada Pemilu 2009 lalu sering ditemukan kursi dapil tak sesuai dengan jumlah penduduk di wilayah tersebut. Selain itu, sering terjadi satu wilayah terpotong oleh dapil yang lain dengan sistem yang tak jelas.

"Misalkan ada kasus dapil di Bogor, satu kecamatan teriris dengan tidak jelas. Satu kecamatan bisa tiga dapil. Untuk itu perlu ada potongan wilayah Dapil dengan tepat," tuturnya.

Untuk itu, kata dia, PKPU yang baru dapat menjadi jembatan untuk perbaikan penyelenggaraan Pemilu. "Pemilu kita sudah di dalam jalur yang benar, tapi apakah akan berjalan dengan cepat atau tidak itu yang kita tunggu," ucapnya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/212730 (diakses 26/11/2012, 14:24)

0 comments :

Post a Comment

Back To Top