Breaking News
Loading...
Sunday, 13 May 2012

"Tahan Air" dari Sekarang!

"Tahan Air" dari Sekarang!, Cecep Husni Mubarok, Pikiran Rakyat

Berikut tulisan saya yang pernah dimuat di kolom Surat Pembaca di koran Pikiran Rakyat:

                   Manusia adalah “makhluk air”. Lebih dari 70% susunan tubuh keturunan Adam  mengandung air. Individu mana yang tidak butuh air. Seseorang bisa bertahan hidup lama tanpa makanan, tapi tidak demikian halnya jika tanpa air. Begitu pun dengan penghuni planet biru lainnya seperti hewan dan tumbuhan,  kehidupannya bergantung kepada air.
                   Saking vitalnya air dalam aktivitas kehidupan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil, mencanangkan Hari Air Dunia (HAD) untuk diperingati setiap tanggal 22 Maret. Tujuan perayaan HAD ialah sebagai upaya untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih, serta usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan (id.wikipedia.org). Tahun ini HAD bertemakan “Ketahanan Air dan Pangan”. Hal tersebut bertumpu pada krisisnya ketersediaan air bersih yang terjadi di berbagai tempat di bumi, yang berimbas pada resistensi pangan.
                   Tercatat, hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman (nytimes.com). Salah satu penyebabnya karena polusi atau pencemaran air yang disebabkan ulah manusia. Tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah yang dijadikan sumber bahan baku air minum, saat ini banyak yang telah terkontaminasi oleh limbah domestik atau rumah tangga dan industri.
                   Jangan sampai lantaran rendahnya kepedulian kita saat ini, berefek semakin buruk pada generasi anak cucu kita, mereka semakin sukar mendapatkan air bersih karena ketersediaannya yang langka, bahkan dengan “Apel Malang” serta “Apel Washington” sekalipun  tak mampu menebusnya.
                   Dalam menuntaskan permasalahan krisis air, kita bisa menerapkan jargon 3M-nya Aa Gym, kita bisa mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang terkecil, serta mulai dari sekarang. Tahan diri! untuk tidak menghamburkan air. Tahan hal-hal yang menyebabkan kerusakan alam! “Tahan air” mulai dari saat ini! demi terciptanya ketersediaan air di masa mendatang. Selamat Hari Air Dunia!

0 comments :

Post a Comment

Back To Top