Breaking News
Loading...
Saturday, 26 May 2012

Remunerasi, PNS Harus Makin Produktif

Remunerasi, PNS Harus Makin Produktif


Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini tidak perlu mengandalkan kenaikan gaji. Jika ingin mendapatkan penghasilan yang baik maka PNS perlu meningkatkan produktivitas. Karena bakal ada program remunerasi di setiap instansi pemerintah.

"Jadi jika ingin hidup lebih enak kasarnya, produktivitas harus naik," tegas Pengamat Ekonomi Dradjad Wibowo kepada detikFinance, Kamis (17/5/2012).

Lewat program reformasi birokrasi yang memberikan remunerasi ini, PNS harus bisa meningkatkan produktivitasnya tanpa harus mencari-cari honor dari proyek 'basah'.

"Progran remunerasi kan teorinya dikaitkan dengan produktivitas. PNS juga bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih cepat selesaikan satu jenis tugas sehingga dia bisa lebih multitugas," jelasnya.
Dradjad mengakui saat ini penghasilan PNS belum berbanding lurus dengan produktivitas, sehingga PNS malas dengan yang rajin mendapatkan penerimaan yang sama.

"Tapi memang sayangnya penghasilan PNS belum berbanding lurus dengan produktivitas. Reformasi birokrasi harusnya menjamin hal ini. Jika tidak, nanti banyak PNS malas, toh malas rajin dapat uang sama," kata Dradjad.

Dradjad menyatakan, PNS di Indonesia tidak lagi dinilai sebagai beban negara karena besarnya anggaran untuk membiayai gaji mereka. Namun, PNS bisa dijadikan kekuatan ekonomi karena kinerja mereka yang sangat membantu negara.

"Ini kunci agar PNS kita tidak menjadi beban negara, tapi justru menjadi sumber kekuatan ekonomi," tandasnya.(nia/dnl)

Sumber : detik.com 

0 comments :

Post a Comment

Back To Top