Breaking News
Loading...
Sunday, 27 May 2012

KPU: Banyak Lembaga Donor Asing Jajaki Kerja Sama

KPU: Banyak Lembaga Donor Asing Jajaki Kerja Sama

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui banyak lembaga donor asing yang melakukan audensi. Beberapa lembaga donor asing tersebut menyodorkan berbagai program kerja sama dengan KPU terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

"Ada beberapa yang sudah melakukan audensi, tetapi belum kami belum mengambil sikap, belum kami putuskan," ujar komisioner KPU, Sigit Pamungkas, kepada INILAH.COM, Senin (7/5/2012).

Dijelaskannya, KPU pada dasarnya membuka ruang bagi adanya kerjasama dengan lembaga donor asing sepanjang tidak masuk ke proses utama, misalnya pada penyusunan tahapan Pemilu dan tema-tema pokok lainnya yang kini tengah dibahas internal KPU.

Karena KPU sejak awal menggarisbawahi bahwa kerjasama dengan lembaga asing lebih menekankan pada supporting system. "Kita pertimbangkan masak-masak kemanfaatannya dari kerjasama itu, itu kalau kita butuhkan. Kalau kita butuhkan untuk supporting system, bukan proses utama," jelasnya.

Beberapa lembaga donor asing yang sudah melakukan audensi tersebut, imbuh Sigit, diantaranya adalah International Foundation for Electoral Systems (IFES), The Partnership for Governance Reform (Kemitraan), Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) dan beberapa lembaga lainnya. Termasuk mempertimbangkan kerjasama lembaga asing dengan KPU periode Abdul Hafidz Anshary lalu.

"Dulu (juga) kerjasama dengan memberikan pelatihan sumber daya manusia. Kita lihat sejauhmana kerjasama dan relevansinya dengan KPU dan mempertimbangkan masukan publik. Pembinaan sumber daya manusia tidak dibiayai APBN, apakah kita membiarkan sumber daya manusia di KPU dibawah standar," tandasnya.[bay]

Sumber : inilah.com

0 comments :

Post a Comment

Back To Top