Breaking News
Loading...
Friday, 25 May 2012

KPU akan Tandatangani Pakta Integritas

pns kpu, komisi pemilihan umum, sekretariat KPU

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas mengatakan semua anggota KPU akan menandatangani pakta integritas. Pakta integritas itu tidak hanya untuk komisioner KPU saja tapi juga akan diperluas hingga KPU provinsi, dan kabupaten/kota serta jajaran sekretariat.

"Tidak hanya bagi tujuh anggota komisioner KPU saja, tapi akan diperluas," kata Sigit dalam Seminar Nasional Menyongsong Pemilu 2014 yang Berkualitas di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Kasihan, Bantul, Selasa (22/5/2012).

Menurut dia, pakta integritas itu akan diperluas hingga daerah yakni KPU provinsi, kabupaten/kota dan sekretariat KPU. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sigit juga membantah bila orang-orang yang bekerja di KPU itu adalah para pegawai buangan yang tidak dipakai lagi di instansi lain. Justru di KPU banyak ditemukan orang-orang yang memang potensial dan sengaja memilih bekerja di KPU.

"Kalau ada anggapan sekretariat KPU itu adalah orang buangan, itu tidak sepenuhnya benar," kata dosen Ilmu Pemerintahan UGM itu.

Dia menambahkan pemilu 2014 nanti bisa menjadi ajang konsolidasi demokrasi dan komunikasi yang efektif antar multi-stakeholder. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari masa transisional yang hanya mempertanyakan legitimasi kepemimpinan.

"Pada pemilu 2009 lalu masalah legitimasi kepemimpinan masih terjadi. Ini tantangan yang harus dijawab dan diselesaikan," katanya. (bgs/try)

 Sumber : detik.com

0 comments :

Post a Comment

Back To Top